Memilih finishing kayu transparan

Banyaknya pilihan produk di pasaran kadang membingungkan kita. Di artikel ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari jenis finishing kayu transparan yang ada di pasaran.

Pertama – tama, hasil pengecatan kayu dapat dibedakan menjadi dua yaitu transparan (terlihat urat kayunya setelah di cat) atau solid (menutup serat kayu).

Di artikel ini kita akan membahas khusus pada finishing kayu transparan. Jenis produk finishing kayu transparan yang umum digunakan bisa dibedakan menjadi politur, polyurethane dan melamine. Di tabel di bawah ini kita akan tunjukkan kelebihan dan kekurangan untuk masing – masing jenis produk tersebut berdasarkan kekerasan, ketahanan terhadap sinar Ultraviolet, kemudahan aplikasi dan bau menyengat yang dihasilkan baik pada saat aplikasi maupun setelah selesai.

  Politur NC Melamine Polyurethane
Keras kurang kurang ya ya
Tahan UV Tergantung produk kurang kurang kurang
TahapAplikasi 1 4 4 4
Cara Aplikasi Kuas Semprot Semprot Semprot
Bau Tergantung produk ya Tergantung produk Tergantung produk
Produk Mowilex Wood Stain, PO1, PO3, PO5, Lasur, Aqua politur, Pinoguard Impra NC Impra Melamine, Impra Wood Finish Impra PU
Kemasan 1 lt 1, 5, 20 lt 1, 5, 20 lt 1 lt set / 5 lt set

 

Dari tabel di atas kita bisa melihat beberapa perbedaan mendasar diantara produk – produk yang umum tersedia di pasaran.

Sampel hasil finishing kayu transparan

Selain hal yang sudah kita bahas di tabel tersebut, ada beberapa hal lain yang bisa kita jadikan acuan dalam memilih produk yang akan kita gunakan.

Untuk mengurangi bau yang dihasilkan saat aplikasi maupun setelah selesai, pilihlah produk yang berbahan dasar air seperti Mowilex Wood stain untuk politur, atau Impra Wood finish untuk melamine.

Sedangkan untuk pengaplikasian pada kayu yang akan berada di luar (exterior), kami sarankan untuk menggunakan Ultran Lasur yang memang memiliki perlindungan terhadap UV.

Hindari penggunaan Melamine pada kayu yang akan terekspose sinar matahari langsung karena unsur melamine yang akan menguning seiring dengan seringnya kayu tersebut terkena sinar matahari dan UV.

Semoga artikel ini dapat membantu dalam memilih finishing kayu yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mempelajari tentang produk – produk kayu dan cara pengaplikasian nya bisa anda lihat lebih lengkap di halaman website Propan Raya. Apabila ada pertanyaan silahkan menghubungi kami melalui toko – toko kami, atau tinggalkan pesan anda melalui” halaman “hubungi kami“.

 

FacebooktwitterFacebooktwitter